RSS

Teknik Menyusun LAKIP

LAKIP? Apa sih LAKIP itu?

Bagi yang bekerja di instansi pemerintah, utamanya di bidang organisasi/tata laksana, LAKIP cukup akrab di telinga. Bukan cuma itu, menyusun LAKIP mungkin adalah pekerjaan sehari-sehari.

LAKIP sendiri adalah Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Sederhananya, LAKIP adalah dokumen pertanggungjawaban kinerja suatu instansi atas rencana strategis maupun rencana tahunan yang telah disusunnya. LAKIP sendiri merupakan bagian dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP. Hubungan tersebut akan tergambar dalam bagan berikut ini:






Menyusun LAKIP sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Kebanyakan dari pengelola organisasi pasti akan mampu menyusunnya, karena LAKIP merupakan deskripsi dari apa yang selama ini telah dilakukan. Asal datanya lengkap, LAKIP bisa disusun dengan cepat.

Lalu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menyusun LAKIP?

  1. Menyusun tim kerja
  2. Memahami inpres no 7 tahun 2003
  3. Memahami instruksi menteri terkait
  4. Kebijakan teknis (instruksi dan surat edaran pejabat eselon I)
  5. Mengumpulkan data baik data internal maupun data eksternal
  6. Pembahasan dan klarifikasi data internal/eksternal kepada yang terkait
  7. Membuat rekap DIPA tahun laporan (menentukan jumlah kegiatan, jumlah dana setiap kegiatan, jumlah barga barang/jasa yang dibeli oleh dana setiap kegiatan, sisa dana setiap kegiatan yang ada pada DIPA tersebut
  8. Mengumpulkan rencana stratejik 5 tahun yang telah dibuat oleh bagian perencanaan
  9. Mempedomani penetapan kinerja yang dibuat pada awal tahun laporan pada waktu penerimaan DIPA (memindahkan sasaran, program dan kegiatan yang ada pada DIPA yang akan dilaksanakan)
  10. Menyusun rencana kinerja tahunan atas dasar penetapan kinerja (isi RKT dimaksud adalah semua kegiatan yang ada pada DIPA tahun yang dilaporkan dan telah selesai dilaksanakan)
  11. Melakukan pengukuran kinerja kegiatan
  12. Melakukan pengukuran pencapaian sasaran
  13. Melakukan evaluasi kinerja : analisis efisiensi (untuk mengetahui tingkat efisiensi kegiatan)
  14. Analisis efektifitas (untuk mengetahui keserasian antara tujuan dengan hasil, manfaat, dampak)
  15. Analisis akuntabilitas (untuk mengetahui keterkaitan antara hasil dengan kegiatan, program, kebijakan, sasaran, tujuan, misi, dan visi)
  16. Melakukan penyusunan LAKIP (narasi LAKIP):
  17. Menandatangani LAKIP ke pimpinan

Isi LAKIP sendiri antara lain adalah :
  • Ikhtisar Eksekutif. Pada bagian ini disajikan tujuan & sasaran yang telah ditetapkan dalam rencana strategis serta sejauh mana instansi pemerintah mencapai tujuan & sasaran utama tersebut, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pencapaiannya. Disebutkan pula langkah-langkah apa yang telah dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut & langkah antisipatif untuk menanggulangi kendala yang mungkin akan terjadi pada tahun mendatang
  • Pendahuluan. Pada bagian ini dijelaskan hal-hal umum tentang instansi secara uraian singkat mandat apa yang dibebankan kepada intansi .

  • Rencana Kinerja. Pada bagian ini disajikan gambaran singkat mengenai rencana strategis dan rencana kinerja. Pada awal bab ini disajikan gambaran secara singkat tujuan utama yang ingin diraih instansi pada tahun yang bersangkutan serta bagaimana kaitannya dengan capaian visi dan misi instansi

  • Akuntabilitas Kinerja. Pada bagian ini disajikan uraian hasil pengukuran kinerja, evaluasi & analisis akuntabilitas kinerja. Termasuk didalamnya menguraikan secara sistematis keberhasilan/kegagalan, hambatan/kendala & permasalahan yang dihadapi serta langkah-langkah antisipatif yang akan diambil. Selain itu disajikan pula akuntabilitas keuangan dengan cara menyajikan alokasi & realisasi anggaran bagi pelaksanaan tupoksi & tugas-tugas lainnya, termasuk analisis tentang capaian indikator kinerja efisiensi

  • Penutup. Pada bagian ini dikemukakan tinjauan secara umum tentang keberhasilan/kegagalan, permasalahan & kendala utama yang berkaitan dengan kinerja instansi yang bersangkutan serta strategi pemecahan masalah

  • Lampiran
  • Lampiran bisa berupa foto, tabel pengukuran kinerja kegiatan, tabel pengukuran pencapaian sasaran, tabel rekapitulasi hasil analisis efisiensi, dan hal-hal lain yang dianggap perlu

Dengan demikian, maka daftar isi LAKIP akan memuat hal-hal sebagai berikut:
  • Kata Pengantar 
  • Daftar Isi
  • Ringkasan eksekutif
  • Bab 1 Pendahuluan
    • Latar Belakang
    • Tugas Pokok & Fungsi Instansi
    • Struktur Organisasi
    • Sistematika Penyajian 
  • Bab 2 Rencana Strategis & Rencana Kinerja
    • Rencana Strategis 5 tahun
    • Rencana Kinerja tahun yang dilaporkan

  • Bab 3 Akuntabilitas Kinerja
    • Pengukuran Capaian kinerja tahun yang dilaporkan
    • Evaluasi & Analisis Capaian kinerja sasaran tahun yang dilaporkan

  • Penutup

  • Lampiran

Nah, …. Jadi deh LAKIPnya! Selamat menyusun LAKIP…..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

25 comments:

Catatan Blogger Seo Matre Ajib said...

Lakip thu apaan sih Om hehe, ngga mudheng :P

A. Sulaiman said...

ada contoh yangudah jadi ?
klw berkenan share ya ke citacreative@yahoo.co.id.
Terima Kasih.

Tri Hartanto said...

@ mas Sulaiman: nanti tak carikan dulu ya mas. Thank's sudah berkunjung

Anonymous said...

saya juga mau dong contoh lakip yg udah jadi. bingung nih ngisinya gmn?

Anonymous said...

Pak Tri saya mau tanya :
1. lakip terbaru pada bab II kan judulnya Perencanaan dan Perjanjian Kinerja, dimana isinya adalah beberapa hal penting dalam perencanaan dan perjanjian kinerja (dokumen penetapan kinerja)...apa hanya membahas tentang penetapan kinerja saja?
2. Sasaran Strategis itu apa ?contohnya seperti apa
3. Indikator Kinerja itu apa? contohnya seperti apa
Terima kasih dan saya tunggu jawabannya....

narto said...

pak tri penyusunan lakip 2011 apa ada perubahan

Anonymous said...

inpres no 7 tahun 2003???
bukan tahun 1999 ya?

Mahmun Syarif Nasution said...

Boss..... kebetulan saya lagi nyusun LAKIP. Mohon bantuan contoh LAKIP dalam bentuk narasi.Makasih...... Horas.

Anonymous said...

yang baru bab 2 , memang ada perubahan , ada surat pernyataan penetapan kinerja yang ditanada oleh pimpian kantor

nur said...

Pak, saya sedang menyusun LAKIP ut 2011, mohon share contoh Lakip yang menyangkut lembaga/Badan Perijinan

kadek gek said...

PAK, Minta tolong saya belum pernah bikin lakip sekarang rencanaya mau bikin lakip tapi tidak punya contoh yang pasti kalo bisa tolong kirimi contoh lkip yang sudah jadi, dan lakip itu dibikin setiap periode apa ........makasih atas bantuannya

Anonymous said...

bikin lakip,, emamg sangat bikin pusing, meski dah ada segudang teori.. kalo boleh bisa gak kirimin contoh lakip yang udah jadi dan ideal alias memenuhi ketentuan2 lakip yang benar. maksaih, ya Pak.

aley_moeddins said...

sy jgn mnt dong contohnya.. thanks n sorry ud ngerepotin.. :)

tlg dshare ke : aleeymoeddinz@yahoo.com

Anonymous said...

Sama nich......bingung jg

Anonymous said...

sama pak, saya juga sedang menyusun LAKIP Kabupaten, tolong di share ya pak ke arisspagai@yahoo.com

Anonymous said...

pak, saya bisa dapatkan juga contoh lakip 2011 terbaru dlm narasi? mash bingung dalam penjelasan dan analisis. tx, bs dishare ke abitasyah@yahoo.co.id.. tx

RUSLAN said...

Ass pak saya sedang nyusun LAKIP 2011 KANWIL BPN SUMUT Mohon contoh LAKIP dari Instansi yang lain pada tahun 2011 Pebruari 15 2012 (kanwilbpnsumut@yahoo.co.id)

Anonymous said...

pak py contoh lakip dinas pendidikan kabupaten tahun 2011 tidak,,,help me...

Anonymous said...

Ass pak saya sedang nyusun LAKIP 2011 Mohon contoh LAKIP dari Instansi yang lain pada tahun 2011 Pebruari 15 2012 (kanwilbpn_papua@yahoo.co.id)

Anonymous said...

selamat pagi pak, saya di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, saya karyawan baru, tapi sekarang saya di tugasi membuat LAKIP,apa ada contohnya,tlng dikirim ke email saya : astrianto24@ymail.com terimakasih saya ucapkan,saya tunggu kiriman LAKIPnya.

nurtimajaya,SE. said...

ass.wbr. saya sudah mencoba untuk membuat lakip Alhamdulillah sdh selesai dengan berpedoman kepada Permen Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi no 29 tahun 2010 ttg pedoman penyusunan penetapan kinerja dan pelaporan AKIP wss.wbr.

Melody Iskandar said...

mau tanya ada yang punya lakip nya dinas pendidikan kota semarang ga??
minimal 2008 - 2011
kalo ada tolong di share ke : melow_iss@yahoo.com

Anonymous said...

mantaps..... makasih pencerahannya

Jhoni eneste said...

pak saya buntu nyusun lakip...krn blom pernah saya pegang kegiatan itu...klo ada contoh lakip kirim ke email saya pak

Anonymous said...

Bab II ttg penetapan kinerja sebagai mna contoh lampiran IA1/2-2 permenpan 29 thn 2010....yg sy tanya penetapan kinerja ini apakah penetapan kinerja tahun berikutnya ?...

Post a Comment

silahkan masukkan komentar anda disini