Saturday, December 10, 2011

Wisuda Pascasarjana UNS Solo


Setelah sekian lama bergelut dengan kegiatan kuliah di program Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP UNS) – sampai lupa kalau punya blog – maka pada hari Kamis, 1 Desember 2011 kemarin saya mengikuti wisuda di kampus UNS Solo. Wisuda ini sekaligus menandai berakhirnya status saya sebagai mahasiswa program Pascasarjana di UNS Solo. Tidak terasa, waktu berjalan begitu cepat, dimulai sejak kuliah perdana pada tanggal 22 Mei 2010 lalu.

Wisuda program Pascasarjana, PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis), dan Sarjana UNS periode II kali ini diikuti oleh 1.281 orang. Jumlah tersebut terdiri atas 1 orang Program Doktor (prodi Linguistik), 236 orang Program Magister dari 24 program studi, 10 orang Dokter Spesialis dari 5 program studi, dan 1.034 Program Sarjana dari 9 Fakultas. Diantara para lulusan tersebut, terdapat 96 orang lulus dengan predikat “Cumlaude” atau dengan pujian, yaitu 39 orang Magister dari 16 prodi dan 57 orang Sarjana dari 9 Fakultas.


Dengan adanya wisuda kali ini, maka total jumlah lulusan Program Doktor, Magister, Dokter Spesialis, Profesi Akuntansi, dan Sarjana UNS sejak berdiri sampai sekarang adalah 86.449 alumni dengan perincian sebagai berikut:
  1. Program Pascasarjana 5.739 orang terdiri dari Program Doktor 29 orang dan Program Magister 5.710 orang dan 916 orang diantaranya berpredikat  Cumlaude.
  2. Program Pendidikan Dokter Spesialis 196 orang
  3. Program Pendidikan Profesi Akuntansi 146 orang
  4. Program Sarjana 80.368 orang, dan 2.648 orang diantaranya berpredikat Cumlaude.

Karena wisuda kali ini untuk program Pascasarjana dan Sarjana, maka tidak ada data dari panitia berapa jumlah alumni UNS dari program D3 dan D4. Demikian juga dengan alumni dari Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dan alumni Program Pengakuan Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB).


Saya sendiri tidak tahu pasti apa kriterianya sehingga seorang lulusan berhak menyandang predikat cumlaude. Tapi jika melihat dari IPK yang diperoleh, maka batas minimal cumlaude bagi Pascasarjana adalah 3,71 dan bagi Sarjana adalah 3,51. Dan sebagai penghargaan atas prestasi tersebut, maka wisudawan dengan predikat cumlaude akan memperoleh selempang warna biru dengan tulisan CUMLAUDE yang berhak dipakai bersama dengan toganya. Di samping itu, wisudawan tersebut juga akan diwisuda langsung oleh Rektor UNS dan memperoleh vandel cumlaude yang bertuliskan nama wisudawan yang bersangkutan. Sementara bagi yang “belum cumlaude”, prosesi penyerahan ijasah dan pemindahan kuncir toga dilakukan oleh Dekan masing-masing.


Karena banyaknya peserta wisuda, maka prosesi wisuda dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi dilaksanakan mulai jam 08.00 WIB diikuti oleh wisudawan dari Program Pascasarjana  dan program Sarjana dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kedokteran. Sesi kedua dimulai jam 10.00 WIB diikuti oleh wisudawan program Sarjana dari FKIP, Sastra, Hukum, Fisip, Pertanian Teknik, dan MIPA. Cukup ribet pembagian dan pengaturan prosesi wisuda yang berlangsung dua sesi ini. Terlebih menurut panitia, “mengatur orang yang sedang senang itu susah....”.

Alhamdulillah, ternyata seluruh prosesi wisuda bisa berlangsung dengan lancar. Sesi satu bisa berlangsung dengan baik, demikian juga sesi dua bisa berjalan dengan lancar. Kunci utama adalah ketegasan panitia untuk melaksanakan aturan main yang telah disepakati bersama. Misalnya dengan tetap melarang wisudawan yang terlambat datang untuk masuk jika pintu auditorium telah ditutup. Atau juga segera “mengusir” wisudawan sesi satu dari ruang auditorium karena segera akan dipakai untuk wisuda sesi dua. Biasalah, selesai acara banyak wisudawan yang narsis memanfaatkan moment tersebut untuk berfoto-foto di panggung wisuda.


Selesai prosesi wisuda, saya bersama wisudawan program Pascasarjana lainnya diminta ke aula gedung Pascasarjana, untuk mengikuti pelepasan wisudawan oleh Direktur Pascasarjana. Dalam kesempatan tersebut, dibagikan transkrip nilai dan legalisir ijasah S2. Lagi-lagi, wisudawan berpredikat cumlaude mendapat penghargaan, kali ini dari pengelola Pascasarjana. Memang enak lulus berstatus cumlaude.

1 comment:

silahkan masukkan komentar anda disini

Terima kasih anda telah berkunjung di blog saya ini. Semoga beberapa tulisan dalam blog ini berguna bagi anda semua...